Senin, 20 Januari 2014

Pie Keju (Cheese Tart)







Akhirnya bisa juga ikut meramaikan NCC Cheese week, setelah bingung sesaat mau bikin apaan yaa...ditambah lagi melihat laporan temen-temen yang keren-keren, aduhhh jadi nambah bingung deh.

Kebetulan kemarin bikin Fruit pie untuk snack pengajian dan crust/kulitnya sengaja dibikin berlebih, jadi inget deh sama resep cheese tart dari blog seseorang dari negeri jiran Malaysia. Dulu resep ini pernah dicoba sekali tapi sudah lama tidak dibuat lagi. Pas banget deh dengan tema event NCC weeks kali ini.

Untuk crust/kulit pie nya saya memakai resep dari Mb Ricke Indriany, sedangkan untuk fiiling nya memakai resepnya Azlita masam manis disini, sebagai berikut :






Pie Keju (Cheese Tart)

Bahan kulit pie:

300 gram margarin/butter
2 sdm gula halus (munjung)
3 kuning telur
500 gram tepung terigu protein sedang/all purpose flour



Cara membuat:

Campur semua bahan menjadi satu menggunakan pisau pastry atau sendok kayu hingga adonan berbutir-butir dan tercampur rata. Padatkan dan bulatkan hingga mudah dipulung. Cetak dalam cetakan pie yang sudah dioles tipis dengan margarin/minyak oles loyang. Oven kurleb 25 menit pada suhu 170 oC, Sisihkan.






Bahan Filling keju:

250 gr Cream Cheese
50 gr Gula kastor/gula halus
1 biji telur ukuran sedang, jika telur ukuran besar, buang/sisihkan sedikit putih telurnya
1/2 sdt vanilla essence / lemon essence, sy menggunakan 1/2 sdt vanilli bubuk

Cara membuat:

Keluarkan cream cheese 20 - 30 menit sebelum digunakan, jangan sampai cream cheese mencapai suhu ruang.
Kocok cream cheese dan gula menggunakan mixer kecepaan sedang hingga menjadi cream, masukkan telur dan vanila essence/bubuk. kocok lagi hingga rata. Lalu masukkan ke dalam piping bag.

Penyelesaian :

Masukkan filing yang sudah dimasukkan ke piping bag ke dalam kulit pie, isi hingga penuh agar hasilnya lebih bagus.
Ambil sedikit adonan cream cheese yg sudah dikocok tadi lalu titikkan sedikit pewarna, aduk rata, lalu coretkan ke atas filling cream cheese untuk memberi motif pada pie.
Masukkan ke dalam oven lalu panggang selama 5 menit pada suhu 170 oC. sampai filling tidak lengket ditangan jika disentuh dengan jari.

 


Warna yang saya gunakan untuk motif pie nya ternyata kurang gojreng deh, hadeuhhh....warnanya masih soft banget, seharusnya warna untuk motif lebih kuat lagi agar hasilnya lebih cantik.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar