Senin, 29 September 2014

Kue Lumpur Labu Kuning



Ini snack favorite saya, biasa saya buat memakai kentang tapi kali ini kebetulan ada stok labu kuning di kulkas, jadi deh Kue Lumpur Labu kuning. Resep yang dipakai sama saja dengan resep Kue Lumpur kentang tapi terigu saya tambahkan sedikit karena Labu lebih mengandung banyak air daripada kentang jadi setelah dikukus lebih lembek.




Resep dilihat dari web nya NCC, yang mau langsung ke NCC Indonesia silahkan kesini
Sebenarnya di web NCC ada khusus resep Kue Lumpur labu, tapi dulu pernah coba bikin hasilnya kok lembek, gak tau salah dimana padahal sudah ikutin resepnya plek plek. Lalu lain waktu bikin lagi dengan resep lumpur kentang biasa tapi kentang nya diganti labu kuning ehhh hasilnya malah bagus, hehehee
Akhirnya sekarang kalau mau bikin Kue Lumpur Labu pake resep ini terus, males nyobain resep lain lagi.
Saya bikin setengah resep, karena 1 resep jadinya banyak.




Kue Lumpur Labu Kuning

Bahan :

250 gr gula pasir
3 kuning telur
2 putih telur
500 ml santan
300 gr tepung terigu serba guna
500 gr Labu kuning kukus ---> haluskan
100 gr margarin lelehkan
1/2 sdt vanili
1/2 sdt garam
kismis  untuk taburan


Cara membuat:

  1. Kocok gula dan telur sampai putih dan mengembang (tidak perlu naik), masukkan garam dan vanilli sambil terus dikocok.
  2. Tuangi santan, aduk rata, masukkan labu kuning halus dan tepung terigu secara bertahap sambil tetap diaduk rata.
  3. Terakhir, taung mentega leleh, aduk rata.
  4. Panaskan cetakan kue lumpur, poles mentega, tuangi adonan hingga ¾ penuh, tutup, biarkan setengah matang taburi kismis, tutup lagi, biarkan sampai matang. Angkat. Variasi taburan lain bisa menggunakan parutan keju, irisan nangka, coklat mesis, dll.


Kalau mau hasilnya lebih wangi, santannya dimasak dulu bersama daun jeruk purut tapi saya sendiri belum pernah nyoba, males soalnya...hahaha

1 komentar: