Minggu, 28 September 2014

Mpek-mpek Dos (Mpek-mpek Aci)



Ini mpek-mpek Dos alias Mpek-mpek Aci alias Mpek-mpek tanpa telur. Mpek-mpek yang selalu dibuat kalau pengen mkan mpek-mpek tapi lagi gak punya stok ikan dan males juga ke fish market dulu untuk beli ikannya. Atau kalau lagi bikin mpek-mpek, tekwan, siomay atau olahan ikan lainnya, biasanya tulang dan kepala ikannya suka saya rebus dulu untuk diambil kaldunya. kaldunya bisa dibikin kuah tekwan dan bisa juga untuk dibikin mpek-mpek dos ini biar ada rasa-rasa ikannya dikitlahh....daripada dibuang juga kan sayang....



Resepnya dari grup Facebook Langsung Enak yang di share oleh Bunda Ria Lim, sebagai berikut:


Mpek-mpek Dos (Mpek-mpek Aci)

Bahan:

Terigu segitiga biru 500gr
Sagu tani ±1kg (sisain sedikit untuk membentuk,dimasukin kira2 850gr), sampai kalis dan bisa dibentuk saja
Telur 2butir
Garam ±4-5 sdm (dicicip saja, kalau gak asin tambahin lg), sy pakai 3 sdm
Penyedap secukupnya (optional)
Minyak sayur 2 sdm
Air 2 mangkok bakso, sy sering pakai air kaldu ikan,  dari rebusan tulang dan ikan



Isi: telur (buang putih nya separuh, kalau mau telur utuh), sosis

Air rebusan: 
air, garam 2sdm, minyak sayur 5sdm






Cara membuat:

Terigu dicampur air dan garam, diaduk sampai rata. Lalu dimasak dengan api sedang diaduk sampai mengental,lalu Angkat dinginkan.
Adonan terigu ini anggap saja ikan nya. 
Kalau sudah dingin masukkan telur, minyak sayur lalu dilumat/diadon pakai tangan sampai rata. Setelah rata, masukan sagu sedikit demi sedikit,adonnya pelan pelan saja,supaya pempeknya gak alot. Kalau sudah kalis (adonan uda gak terlalu lengket) tinggal dibentuk,lalu direbus.kalau udah mengapung tinggal angkat,dinginkan,lalu digoreng. Untuk pempek sosis tinggal selipin sosisnya aja waktu bentukin nya.


Note : 
Untuk menambah rasa ikan pada mpek-mpek dos ini, Selain memakai air kaldu ikan hasil rebusan tulang dan kepala ikan, bisa juga dipakai ikan teri basah atau pun kering secukupnya yang diblender halus dengan air untuk adonan terigunya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar