Rabu, 20 Maret 2013

Banana Bread


Setelah setengah stok pisang dibuat Cheese Banana Bread, setengahnya lagi saya buat Banana Bread, skalian nyobain resep, hehee
Tekstur Banana Bread ini berbeda dengan banana cake, kalo banana cake tekstur nya lebih halus, kalau banana bread ini tekstur nya lebih berpori/berongga mirip seperti roti, mungkin ini alasan nya kenapa dinamakan Banana Bread.

Membuatnya juga sangat mudah dan simpel dan tidak memerlukan mixer seperti halnya Banana Cake. Cukup dicampur dan diaduk saja, yang penting jangan sampai overmix. 
Karena teksturnya yang seperti roti, banana bread ini cocok buat dijadikan menu sarapan dan juga bekel anak2. dan karena membuatnya yang sangat simpel dibuat dadakan pagi-pagi juga masih keburu ^_^


Resep asli di blog nya mb ricke bisa dilihat disini.



BANANA BREAD
By. Joy of Baking, modified by Ricke I



Bahan:

230 gr terigu serba guna (protein sedang/segitiga biru)
100 gr gula pasir
30 gr gula aren bubuk (sy ganti dgn gula pasir saja)
1 sdt baking powder
1/4 sdt soda kue
1/4 sdt garam
2 butir telur ukuran besar, kocok lepas
113 gr butter/margarin, lelehkan dan dinginkan
3 buah pisang ambon/cavendish matang (sekitar 450 gr), hancurkan dengan garpu
1 sdt pure vanilla extract (aku pakai essence vanilla)


Garnish (optional):
Irisan pisang


Cara membuat:

1. Panaskan oven 180'C. Siapkan loyang loaf, olesi dasar dan sisinya dengan mentega, taburi dengan sedikit terigu. Sisihkan.

2. Dalam sebuah mangkok/baskom yang agak besar, aduk dan ayak terigu, baking powder, soda kue dan garam. Masukkan gula pasir dan gula aren bubuk. Campur rata. Sisihkan.

3. Dalam mangkok lain, campur pisang, telur, mentega leleh dan vanilla. Aduk rata. Masukkan ke dalam campuran tepung dan aduk perlahan dengan spatula karet. Aduk cukup hanya sampai bercampur saja, tidak usah sampai lembut dan halus.

4. Tuang ke dalam loyang. Tata irisan pisang di atasnya. Panggang dalam oven selama 60 menit atau sampai matang dan kecoklatan. Lakukan tes tusuk dengan tusuk gigi atau lidi bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar