Minggu, 24 Februari 2013

Devil's Food Cake


Ini juga pesenan seorang teman barengan dengan Rainbow cake. Pesenannya sih sebenarnya blackforest, tapi basecake yang digunakan adalah devil's food cake. Senang aja dengan devil's food cake yang nyoklat abis, makanya kalau bikin cake coklat atau blackforest atau cake dgn basecake coklat ya senangnya menggunakan resep ini.

Next time pengen nyobain resep-resep cake coklat lainnya deh..

Basecake dibikin 3 layers yang masing-masing layer dibasahi dengan air cherry dan dioles selai strawberry dan buttercream. Dan dihias pagar coklat keliling, karena gak punya cetakan pagar coklat jadi pagar coklat nya dibuat dari wadah coklat stik snak anak-anak dirumah, hmmm ...lumayan lah buat pemula seperti saya, hehehe

Decor nya masih belum rapi dan mencetak pagar coklatnya juga masih belum sama, ada yang tebal ada yang tipis, tapi setelah jadi manis juga ^_^......narsiiisss laggeee
                                                                                                                                                                                          


Karena cake pesenan jadi gak bisa ngeliat penampakan dalamnya deh.
Resep dilihat dari blog favorite saya disini
Aslinya sih devil food cake ini menggunakan cream ganache untuk filling dan juga toppingnya, jadi bener-bener nyoklaat banget. Tapi krn dibuat untuk basecake blackforest jadi tidak digunakan.

Moist Devil’s Food Cake(Original recipe by Martha Stewart, modified by Ricke Indriani)(Ukuran 1 resep, untuk 3 layer cake dengan ukuran bulat diameter 22-24 cm)

Ingredients:
1 ½ cups (3 sticks) unsalted butter --> 339 gram (suhu ruang)
¾ cup coklat bubuk --> 60 gram
½ cup air mendidih --> 120 ml
2 ¼ cups gula kastor (gula pasir halus) --> 450 gram (saya kurangi menjadi 300 gram aja, biar gak terlalu manis)
1 sdm pure vanilla extract (saya ganti dengan 1 sdt essence vanilla)
4 butir telur ukuran besar, kocok lepas (pakai telur segar yang masih bagus kekentalannya)
3 cups cake flour (terigu protein rendah) --> 360 gram
1 sdt soda kue (bicarbonate of soda)
½ sdt garam
1 cup susu cair --> 240 ml
6 sdm selai jeruk marmalade/apricot secukupnya untuk olesan filling (resep asli tidak pakai)

Ganache : (sy tidak pakai)
500 gram dark cooking chocolate, potong kecil-kecil
500 gram whip cream cair
75 gram unsalted butter

Simple syrup: (sy tidak pakai, diganti dgn air cherry)
100 gram gula pasir
100 ml air
½ sdt essence vanilla

Directions:
1. Panaskan oven 180’C. Siapkan 3 buah loyang ukuran diameter 22-24 cm dan tinggi 4 cm. Olesi dengan mentega, alasi bagian bawahnya dengan kertas roti. Taburi coklat bubuk secukupnya ke seluruh permukaan dalam loyang agar mudah dikeluarkan.
2. Ayak coklat bubuk ke dalam mangkuk, masukkan air mendidih. Aduk rata hingga berbentuk pasta. Sisihkan. Biarkan dingin.
3. Dalam wadah lain, campur dan ayak terigu, soda kue dan garam. Sisihkan.
4. Dalam baskom besar, kocok butter dengan MIXER KECEPATAN RENDAH sampai lembut. Masukkan gula pasir bertahap sambil terus dikocok hingga putih dan lembut 3-4 menit. Tambahkan vanilla extract/essence. Kocok rata. Masukkan kocokan telur sedikit demi sedikit, kocok rata pada setiap penambahan. Kocok hingga adonan rata dan tidak memisah. Matikan mixer. Aduk rata dengan spatula hingga ke bagian pinggiran baskom.
5. Campurkan susu cair ke dalam adonan coklat bubuk yang telah dingin, aduk rata hingga adonan coklat larut dengan baik.
6. DENGAN MIXER KECEPATAN RENDAH, MASUKKAN CAMPURAN TERIGU SEDIKIT DEMI SEDIKIT DAN BERSELANG SELING DENGAN LARUTAN COKLAT DAN SUSU. AWALI DAN AKHIRI DENGAN CAMPURAN TEPUNG. Terakhir aduk rata dengan spatula.
7. Tuang dan bagi rata adonan ke dalam 3 buah loyang yang telah disiapkan. Panggang dalam oven hingga matang, kurang lebih 35-45 menit (TERGANTUNG OVEN MASING-MASING), test tusuk hingga tidak cake tidak menempel di lidi/tusuk gigi. Keluarkan cake dari oven, biarkan dalam loyang selama 15 menit. Keluarkan cake dari loyang, dinginkan di atas rak kawat.

Bagi pemula seperti saya, ikutilah step by step cara pembuatannya, insyaallah tidak akan gagal ^_^

Selamat Mencoba yaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar