Minggu, 10 Februari 2013

Pisang Molen


Salah satu olahan dari pisang yang gampang dan enak, apalagi dinikmati dengan secangkir teh hangat di sore hari, hmmmm....alhamdulillah. Membuatnya juga cukup mudah.
Lebih enak lagi jika menggunakan pisang kepok kuning yang matang sempurna, jadi pisangnya manis alami. Sayang pisang kepok tidak ada dikota tempat saya tinggal, ada sih yang mirip pisang kepok tapi pisangnya putih dan rasanya kurang enak. Kalaupun ketemu pisang kepok sudah dalam keadaan beku, tentu saja tidak seenak pisang segarnya.



Pisang yang gampang ditemukan adalah 2 jenis pisang yang ada pada photo dibawah, yang satu mirip seperti pisang tanduk kalo di Indonesia tapi lebih kecil, yang satunya mirip pisang uli.
Nah yang seperti pisang tanduk inilah yang sering sekali dipakai untuk membuat segala varian olahan pisang seperti kolak, pisang goreng, nagasari, dll. Kalo yang kecil seperti pisang uli lebih sering dibuat pisang molen blm pernah nyoba utk membuatnya menjadi kolak atau pisang goreng tepung karena bentuknya yg kecil-kecil jadi rasanya kurang mantafff aja gitu lho, hehehe


Resep didapat dari seorang teman jadi gak tau darimana sumbernya. Resepnya sebagai berikut:

PISANG MOLEN

Bahan:
350  gr  Terigu
100  gr  Mentega
50    gr  Gula halus
100  ml  Air matang

Caranya:

Campur semua bahan kecuali air, aduk. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan dapat dibentuk, hentikan pemakaian air jika dirasa adonan sdh cukup lentur dan bisa dibentuk.
Tipiskan adonan dengan menggunakan rolling pin atau pasta Machine/amphia sampai cukup tipis.
Belah 2 pisang panjang melintang, lalu lilitkan dengan adonan yang sudah ditipiskan, lalu goreng hingga kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar