Senin, 18 Februari 2013

Rainbow Cake


This is My First Rainbow Cake......Akhirnya..... jadi juga mengeksekusi si Rainbow ini, setelah beberapa waktu lamanya melihat Rainbow rainbow berseliweran di foodie Blog nya para baker....hehee
Lama-lama gak ku ku juga pengen merasakan nikmatnya si Rainbow ini....Asli n suer belom pernah makan Rainbow Cake sama sekali, secara disini gak ada yang jual Rainbow Cake walau di Bakery terkenal sekalipun. Gaung booming nya Rainbow Cake gak sampai ke Saudi ternyata. 
Dan waktu mudik terakhir ke Indonesia lebaran 2011 yang lalu gak kepikiran mau icip2 Rainbow Cake (udah booming blm ya waktu itu??), sibuk dengan berbagai kunjungan dan urusan, mumpung lg mudik.

Sebenarnya Rainbow ini sudah saya buat sekitar 3 mingguan yang lalu tapi blm sempat di upload ke blog, karena kesibukan di rumah juga dikarenakan line Wifi yang lagi error dirumah, jadinya cuma ada satu line internet yang bisa dipakai dan selalu jadi rebutan dirumah, jadi mama nya selalu deh kalah bersaing. Baru aja duduk manis didepan komputer udah deh kalo gak si abang, si kakak atau si adek semuanya pengen pinjemmm, hadeuuhhh



Ternyata rada ribet juga ya membuat nya....karena saya cuma punya 2 loyang dengan ukuran yang sama, jadi hanya untuk membuat seloyang rainbow harus 3x ngocok adonan, hufff
Tapi demi seloyang rainbow teteeeppp semangat....hehehe

Resep Rainbow yang saya gunakan adalah resep Rainbow nya mb Ricke - Ordinary Kitchen (trims ya mb resepnya) dan ternyata enakkkk banget...Sponge Cake nya lembuutt dan berpori halus, ternyata teknik membuat sponge cake mempengaruhi hasil cake yang dihasilkan, karena cara yang sering saya pakai kalau membuat spongecake adalah mengocok terlebih dahulu dengan kecepatan tinggi telur, gula dan emulsifier sampai kaku, putih, mengembang dan berjejak baru masukkan terigu dan terakhir mentega cair.

Tapi kali ini cara membuat sponge Cake menggunakan teknik all in one, yaitu mengocok telur dan gula dulu dgn mixer kecepatan rendah hingga terampur rata saja lalu masukkan semua bahan kering sekaligus teruskan mengocok dengan mixer kecepatan rendah sampai rata baru naikkan kecepatan mixer hingga high speed sampai kaku, kental, putih dan berjejak.



Cukup simpel menurut saya dan hasilnya juga sangat memuaskan, cakenya lembut dan berpori halus, bisa dikatakan sukseslah membuat spongecake nya kali ini, heehee....air laut asin sendiri duehhhh....

Dan sudah bisa ditebak Rainbow cake ini langsung jadi favorite the kids dirumah, dan kebetulan juga saat saya mencoba Rainbow cake ini ada acara pengajian di rumah jadi sekalian deh si Rainbow ini menjadi salah satu sajian pada saat pengajian dan so pasti lariss manisss tanjung kimpulll, hehehe .....Gak nolak kali ya kalo disajiin Rainbow Cake, sepotong mah gak bakalan puassss.....Apalagi disini termasuk langka 


Decornya gradakan banget yakk, maklum masih amatir *tutup muka pake serbet, pengen banget ikutan kursus cake decorating, tapi apa daya susaahhh kalo disini mah, insyaallah suatu saat kesampaian deh ikutan kursus cake decorating and kursus2 lainnya

Resep asli bisa dilihat disini ya. Karena saya hanya punya 2 loyang yang ukurannya sama, satu resep saya bagi  3, jadi 3x membuat adonan dgn 1/3 resep. Jadi yang didalam kurung adalah  1/3 resep yang saya pakai utk 2 loyang.






RAINBOW CAKE
By Ricke Indriani
BAHAN CAKE:
8 kuning telur, (3 btr)
7 telur antero (utuh) ukuran besar, (3 btr)
200 gram gula pasir, (80 gr)
15 gram cake emulsifier, (1/2 sdt)
¼ sdt garam

125 gram terigu protein sedang, (50 gr)
25 gram maizena, (10 gr)
15 gram susu bubuk, (1 sdt)
---> Campur dan ayak
1 sdt vanilla (1/4 sdt)

150 gram mentega, lelehkan, (60 gr)

Pewarna makanan merah, orange, kuning, hijau, biru, ungu

6 loyang bulat ukuran 22 cm atau kotak ukuran 20x20 cm, tinggi 3-4 cm (2 loyang kotak ukuran 22 x 22 x 4 cm)

Cara membuat:
1. Panaskan oven 190’C. Siapkan 6 buah bowl/mangkok untuk mewarnai adonan. Siapkan loyang, olesi dengan mentega, alasi dengan kertas roti bagian bawahnya, olesi lagi dengan mentega. Sisihkan.
2. Kocok telur, gula pasir, cake emulsifier dan garam dengan kecepatan rendah cukup hingga tercampur rata. Masukkan semua bahan kering yang sudah diayak dan vanilla, kocok dengan kecepatan rendah sampai tepung tercampur rata. Kemudian naikkan kecepatan mixer kocok dengan kecepatan tinggi (high speed) sampai adonan mengembang, kental berjejak dan putih. Lamanya mengocok tergantung kapasitas mixer masing-masing. Matikan mixer.
3. Masukkan mentega leleh, aduk balik merata dengan spatula.
4. Bagi adonan sama rata menjadi 6 bagian ke dalam bowl yang sudah disiapkan, timbang masing-masing sekitar 200 gram atau total berat adonan dibagi 6. Beri pewarna makanan secukupnya.
5. Tuang ke loyang. Panggang dalam oven sekitar 15-20 menit hingga matang, sesuaikan dengan oven masing-masing. Bisa test sentuh dan test tusuk. (sy oven selama 13 menit dgn oven listrik)
6. Keluarkan cake dari loyang dan dinginkan.


CREAM CHEESE FROSTING

Bahan:
250 gram cream cheese
100 gram unsalted butter, dingin
500 ml non dairy whip cream manis (dingin), kocok hingga kaku (atau bisa menggunakan 200 gram whip cream bubuk dan 400 ml air es)

Cara membuat:
Kocok cream cheese dan unsalted butter hingga lembut. Campurkan ke dalam whipped cream kaku, kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur rata. Simpan dalam kulkas sambil menunggu akan digunakan.

SIMPLE SYRUP (sy pakai air cherry)
100 gram gula pasir
300 ml air
---> Rebus hingga gula larut dan dinginkan

PENYELESAIAN
Ambil selembar cake (susunan warna dari bawah ke atas yaitu ungu, biru, hijau, kuning, orange dan merah), basahi dengan simple syrup, oles cream cheese frosting, tumpuk kembali dengan selembar cake, ulangi sampai seluruh cake tersusun. Rapikan pinggirannya bila perlu. Hias bagian atasnya atau cover keseluruh bagian cake dengan sisa frosting. Beri taburan sprinkles sugar warna warni atau hias sesuai selera.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar