Minggu, 17 Februari 2013

Donat Kentang



Siapa sih yang gak suka donat? Jangankan anak-anak, orang dewasa pun pada umumnya suka banget sama penganan yang satu ini, tak terkecuali anak-anak dirumah. Karena itu, ini penganan yang paling sering dibuat dirumah.Terutama donat klasik yang hanya dibalur dengan Gula Halus. Gula halusnya pun yang original aja alias Gula yang dihalusin, bukan gula halus khusus donat. 
Kalau dah bosen dgn topping gula halus baru deh minta donatnya diberi topping coklat ceres atau keju.



Aslinya resep yang saya pakai adalah resep Donat kentang NCC, Resep Asli bisa dilihat disini. Donatnya Enak banget tapi agak padat kalo menurut saya, gak tau deh apa memang seperti itu atau saya yang menguleninya kurang kalis elastis ya. Pengennya donat itu yang ringan dan empuukkk pukkk.

Akhirnya Resep tersebut saya modif sedikit dengan megurangi pemakaian terigu dengan jumlah pemakaian  kentang yang sama, agar menghasilkan donat dengan tekstur yang empuk sesuai keinginan saya. Hasilnya...????
Donatnya enyaakkk banget, ringan dan empuuukkkkk deh......narsis.com  ^_^



DONAT KENTANG

Bahan :
400  gr Terigu
50    gr Susu bubuk
1   bks Ragi instan (11 gr)
200  gr kentang kukus, haluskan dan dinginkan
75    gr gula pasir
4   btr   kuning telur
75   ml air dingin (kurleb)
60    gr mentega
1/4 sdt Garam

Cara membuatnya : 

Dalam wadah, campur terigu, gula, susu bubuk, ragi instan, aduk rata. masukkan kentang halus dan kuning telur lalu masukkan air dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga setengah kalis, 
masukkan mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis. Bulatkan adonan, tutup dgn plastik, istirahatkan hingga mengembang kurleb 20 - 30 menit 
Bagi adonan, buletkan. Diamkan lagi -/+ 20 menit hingga mengembang.
lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, goreng dengan bantuan sumpit yang diputer2 hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan.

Lamanya waktu proofing adonan tergantung suhu udara pada saat itu, bisa lebih lama di musim dingin.
Untuk mempercepat waktu proofing bisa diakali dengan memasukkan adonan dan semangkok air panas kedalam oven.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar