Minggu, 17 November 2013

Fruit Pie








Fruit pie kali ini saya menggunakan resepnya mb Ricke untuk kulit/crust nya, hasilnya lebih renyah dari resep yang sebelumnya saya buat. Membuatnya juga sangat mudah dan simpel karena semua bahan dicampur jadi satu dan diaduk menggunakan sendok kayu. Kalau punya pisau pastry sih lebih bagus lagi, tapi kalau tidak punya dgn menggunakan sendok kayu pun sudah cukup dan hasilnya juga bagus dan renyah.


 

Bahan-bahan yang digunakan juga cukup simpel. Kulit/crust nya bisa dibuat dari jauh2 hari jika ingin membuatnya dalam jumlah banyak. Setelah dingin simpan dalam wadah kedap udara. 
Resep Asli bisa dilihat disini ya....
Dan utk vla nya saya menggunakan resep dari NCC, yang pernah saya posting sebelumnya, tapi penggunaan kuning telur nya dikurangi











Fruit Pie
by Ricke Indriani

Bahan kulit/crust:
300 gram margarin/butter
2 sdm gula halus (munjung)
3 kuning telur
500 gram tepung terigu protein sedang/all purpose flour

Cara membuat:
 Campur semua bahan menjadi satu menggunakan pisau pastry atau sendok kayu hingga adonan berbutir-butir dan tercampur rata. Padatkan dan bulatkan hingga mudah dipulung. Cetak dalam cetakan pie yang sudah dioles tipis dengan margarin/minyak oles loyang.  oven selama kurleb 25 mnt pada suhu 170 oC. Sisihkan.




Bahan Vla :
500 cc  susu
100 gr  gula kaster
5 btr     kuning telur, (sy memakai 2 kuning telur)
30 gr    tepung maizena
1 sdm   mentega
1 sdt     vanilli extract

Caranya:
Cairkan tepung maizena dengan sebagian susu, campur kuning telur, aduk rata, sisihkan.  
Rebus susu dan gula hingga mendidih, masukkan campuran maizena dan kuning telur, aduk cepat, biarkan mendidih sekali lagi. Angkat. Sisihkan.


Bahan Topping :
Aneka buah, spt strawberi segar iris tipis, kiwi, anggur hijau, anggur merah, jeruk mandarin kaleng, atau buah lain spt semangka, melon yg dibentuk bulat, dan lain-lain.
Bahan Siraman:
1 sdt    agar-agar putih
100 cc    air
1 sdt    gula
(didihkan ketiga bahan ini, sisihkan)

Penyelesaian:
Isi mangkuk pie dengan vla, hias dengan potongan buah, siram 1 sdt agar-agar bening.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar