Minggu, 17 November 2013

Semur Ayam




Ini adalah salah satu olahan ayam kesukaan anak-anak, membuatnya juga gampang sekali dan tidak menggunakan bermacam bumbu. Masakan semur bisa bermacam-macam versi tergantung kebiasaan orang yg membuatnya dan dari daerah mana ia berasal. Tapi umumnya tampilannya hampir sama mungkin yang membedakan hanyalah ada yg membuatnya berkuah bamyak, ada yang nyemek-nyemek...aduh apa ya bahasanya agak-agak basah dan sedikit berkuah gitu deh, heehee dan ada juga yg sampai asat/kering. Dan ayamnya juga ada yg dari mentah lalu langsung di cemplungin setelah bumbu di tumis dan ada juga yang ayamnya digoreng terlebih dahulu.

Semur yang biasa saya buat ini adalah versi yang "nyemek-nyemek" alias sedikit berkuah. dan Ayamnya juga digoreng terlebih dahulu. Bumbu yang dipakai juga tidak ada takaran khusus cuma pake kira-kira saja, komposisinya kira-kira seperti ini ya:


SEMUR AYAM

Bahan-bahan:
1 ekor ayam ukuran sedang
1 buah tomat, potong-potong
3 lembar daun salam
3 buah cengkeh
3 buah kapulaga
pala secukupnya
pekak/bunga lawang secukupnya
Kecap secukupnya
Air secukupnya
Gula dan garam secukupnya

Bumbu Halus:
10 buah Bawang Putih
4 butir kemiri
1 sdt merica bubuk

Caranya:
- Potong-potong ayam lalu goreng sebentar hingga kekuningan, sisihkan
- Tumis bumbu halus hingga harum lalu masukkan tomat potong dan daun salam, lanjutkan      menumis sebentar    lalu masukkan kecap hingga sehitam yang diinginkan.
- Masukkan ayam yg sudah digoreng lalu tambahkan air secukupnya, aduk rata
- Masukkan cengkeh, kapulaga, pala dan pekak, aduk dan tutup
- Biarkan hingga mengental sambil sesekali diaduk lalu masukkan gula dan garam                 secukupnya, test icip hingga rasanya pas sesuai selera






Tidak ada komentar:

Posting Komentar