Rabu, 15 Oktober 2014

Bika Ambon



Alhamdulillah...akhirnya jadi juga eksekusi Resep Bika Ambon yang beberapa hari terakhir sering berseliweran di grup FB. 
Ini sudah yang kesekian kalinya saya coba bikin bika Ambon ini, tapi hasilnya blm ada yang bagus kalo gak bantet yaa bersarang malu-malu hehee, sudah beberapa resep saya coba termasuk resep nya NCC tapi belum ada yang berhasil. 
Nah resep yang kemarin di share oleh salah satu bunda di grup FB ini cukup simpel juga tidak memakai air kelapa seperti resep2 lain yang sudah pernah saya coba. Akhirnya setelah sekian lama nyerah mencoba buat si kue kuning cantik ini, akhir nya kemarin saya coba juga....penasaran euy....kok ya gagal terus ya buat kue yang satu ini.






Saya ikutin sesuai resepnya plek plek, pengen tau dulu hasilnya bagus atau tidak. Paling adonan biang nya yang saya diemkan lebih lama dari yang di resep karena disambi mengerjakan pekerjaan lainnya. Dan ternyataaaa..... Hasilnya tidak mengecewakan....sempet deg degan pas mau motongnya....halahhhh....kaya mau eksekusi apa aja yahhh...hahahah
Ternyata si bika hasilnya cantik bersarang, dari beberapa kali uji coba resep bika ambon inilah yang menurut saya cukup sukses. Kue nya bersarang lumayan banyak, walaupun sarang yang terbentuk tidak secantik bika ambon yang dijual disepanjang jalan majapahit di kampung halaman tercinta di Medan sana, tapi sudah cukup mengobati kangen, hehee. Rasanya sudah mirip sekali dengan yang dijual-jual....resepnya ok lah pokoknya.



Saya tambahkan sedikit bubuk kunyit agar warna kuning nya lebih kuat dan resepnya sudah dikonversi ke satuan gram biar ntar kalo bikin lagi gak ribet  nyari-nyari gelas yang kemarin dipake, hehehe. Resep aslinya memakai ukuran gelas untuk pemakaian santan, tepung dan gulanya.

Lain kali pengen buat lagi dengan mentega di cairkan terlebih dahulu dan di oven dengan membuka pintu oven sedikit di menit-menit pertama pemanggangan, siapa tau hasilnya akan lebih bagus lagi yaaa...




Bika Ambon
www.langsungenak.com

Bahan: 

175 gr terigu 
150 gr tapioka 
400 ml santan 
350 gr gula pasir 
5 butir telur
1 sdm farnifan
1 sdt vanili
50 gr mentega
10 lembar daun jeruk
2 batang serai d geprek
1/2 sdt Garam 
1/2 sdt kunyit bubuk, tambahan dari saya

Cara nya:

Rebus santan, daun jeruk, serai, kunyit bbuk dan garam sampai mendidih, dingin kan.campur terigu, tapioka, farmifan vanili dn santan yg sdh dingin. diam kan 1 jam, lalu masuk kan telur, gula , mentega aduk rata. diam kan  lagi 1 jam, lalu masuk kan ke loyang yang sudah di olesi mentega dan terigu.lalu oven dengan api sedang selama +- 1 jam





Tidak ada komentar:

Posting Komentar