Senin, 13 Oktober 2014

Mpek-Mpek Kulit



Banyak stok kulit ikan tenggiri di freezer, leftover dari membuat mpek-mpek, siomay, dan batagor tempo hari. Setelah di defrost dan ditimbang ternyata ada 1 kg kulit ikan. Banyak juga yaaa....
Selain bisa diolah menjadi mpek-mpek kulit, saya tidak tau lagi bisa dibuat apa lagi ya kulit ikan sebanyak itu. Dan sebelumnya juga belum pernah membuat mpek-mpek kulit. 
Akhirnya kulit ikan tersebut saya olah menjadi mpek-mpek kulit dengan resep yang sama dengan resep mpek-mpek ikan biasa, tapi ditambahin lagi dengan daging ikan tenggirinya agar hasilnya lebih light atau tidak terlalu butek.



Mpek-Mpek Kulit

Bahan A:
50 gram terigu
200 ml air
1,5 sdm garam
1,5 sdt gula pasir
4 siung bawang putih, haluskan
2 sdm minyak goreng

Bahan B:
500 gr kulit ikan tenggiri
250 gr daging ikan tenggiri
50 ml air

Bahan C
1 butir telur, kocok lepas

Bahan D:
600 - 800 kg tepung sagu tani/tepung Aci

Air yang banyak untuk merebus pempek
Minyak untuk menggoreng


Pelengkap:

Cuko pempek (kuah pempek)
Timun, potong kotak kecil-kecil






Cara membuat:

Bahan A :
Campur terigu dan air di dalam panci aduk rata, masukkan garam, gula, bawang putih halus dan minyak goreng aduk rata. Masak dengan api sedang hingga larutan mengental, sisihkan dan dinginkan.

Bahan B:
Potong2 kecil kulit ikan, lalu haluskan di food processor, lalu masukkan daging ikan lalu haluskan kembali, sambil ditambahkan air sedikit2.

Penyelesaian :

Didalam wadah campurkan bahan A dan bahan B aduk rata, lalu masukkan bahan C, aduk rata kembali. Masukkan bahan D sedikit demi sedikit sambil terus di uleni dengan ujung-ujung jari hingga adonan bisa dibentuk. Hentikan pemakaian aci jika dirasa adonan sudah kalis dan bisa dibentuk.
Rebus di air yang banyak hingga mpek-mpek mengapung dan matang. Tiriskan. 

Penyajian :
Sajikan mpek-mpek yang sudah digoreng bersama potongan timun dan kuah cuko.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar