Rabu, 29 Oktober 2014

Mini Rainbow Roll Cake



Mini Rainbow Roll Cake ini lagi famous di grup LE, setelah di posting oleh salah satu anggotanya. Tampilannya yang cantik dan pembuatannya yg lumayan gampang membuat cake ini jadi favorite siapa saja. 
Setelah beberapa hari ini cake wara wiri di grup, akhirnya minggu lalu itu kesampaian juga buat eksekusi resepnya. Kebetulan dirumah jadwalnya ketempatan pengajian famili, jadi sekalianlah dibuat untuk snack pengajian.....alhamdulillah dari 2 loyang yang dibuat tidak ada yang patah ketika digulung.





1 loyang ukuran 18 x 18 cm cuma dapat 20 roll, kalau memotongnya bisa lebih tipis dan konsisten bisa dapat lebih dari 20 roll. 
Karena bentuknya yang mungil dan cantik jadi rebutan anak2, belum juga selesai digulung semua, mereka sudah keluar masuk dapur buat nyomot itu si mini rainbow, hadeuhh....terpaksa buru2 diamankan, kalau gak bisa abis duluan gak jadi untuk snack pengajian besoknya, hehehe





Mini Rainbow Roll Cake by Sif Oi


Bahan A:

300 gr gula pasir
12 kuning telur
8 putih telur
2 sdt SP

Bahan B, 

Campur rata semua bahan:
160 gr tepung terigu
40 gr tepung maizena
1 sdt vanili bubuk
1/2 sdt garam


Bahan C:

200 ml minyak sayur


Cara Membuat:
1. Siapkan loyang kotak ukuran 26x26x6 cm, olesi bagian dasar loyang dengan minyak goreng, beri alas kertas roti dan oles kertas roti dengan minyak goreng. Untuk bagian tepi atau sisi2 loyang tidak usah diolesi minyak goreng, agar bolu kukus setelah matang tetap menempel di loyang sehingga tidak menyebabkan penyusutan ukuran bolu kukus.

2. Mixer bahan A dengan kecepatan tinggi hingga adonan menjadi putih dan kental (soft peak), jika baling2 mixer diangkat keatas adonan tidak mudah jatuh.

3. Masukkan bahan B sedikit demi sedikit hingga habis tetap dengan menggunakan mixer kecepatan rendah.

4. Tuangkan bahan C dan mixer kembali dengan kecepatan rendah hingga adonan benar2 tercampur rata.

5. Bagi adonan menjadi enam bagian dalam mangkok2 kecil, beri pewarna makanan merah, orange, kuning, hijau, biru dan ungu sesuai selera.

6. Tuangkan adonan ungu ke loyang, ratakan & kukus selama 10 menit, tuangkan adonan biru, ratakan, kukus lagi, selanjutnya hijau, kuning, orange & merah. Kukus selama 15 menit sampai matang, matikan api, biarkan di klakat selama 10 menit.

7. Keluarkan dari loyang, biarkan dingin. Potong memanjang setebal 1/2cm, olesi selai, gulung rapi.





Karena gak punya loyang 26 x 26 cm, jadi saya buat setengah resepnya di loyang 18 x 18 cm. Hasilnya pas banget tidak kebesaran dan tidak kekecilan juga menurut saya. Adonan cukup lentur untuk digulung, usahakan menggulungnya pada saat cake tidak terlalu dingin, karena bisa retak. Kalau olesannya memakai selai, kondisi cake masih hangat juga sudah bisa digulung kok, kecuali olesannya memakai buttercream atau whip cream cake nya harus sudah dingin dulu.






Jadi deh Mini Rainbow roll cake dan  fruit pie pilihan saya untuk snack manis pengajian dirumah minggu lalu, Setelah ditata di piring tampilannya cantik sekali....colourfull....like it     ^ _ ^
Untuk snack gurih/asin nya mpek-mpek dan martabak telur plus acar timun & wortel.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar