Jumat, 20 Maret 2015

Mie Gomak Basah




Teringat sama mie ini karena sempet disebut-sebut oleh seorang teman di status FB nya. Akhirnya teringat juga dengan sebungkus mie lidi stok terakhir yang sudah lama teronggok di lemari dapur. Buru-buru dicek, alhamdulillah belum expired dan kondisinya masih baik. Kalau dibiarkan lebih lama lagi...alamat sebungkus mie lidi ini akan berakhir di tong sampah.

Mie Lidi ini mie khas dari Medan, saya gak tau apakah di daerah lain tersedia. Mungkin kalo mirip banyak yaa..tapi gak tau rasa dan tekstur nya apakah sama juga. Sewaktu masih tinggal di Banten juga susah dicari kecuali ke kedai yang menjual bahan pangan khas dari Medan. Makanya selama ini saya selalu bawa dari Medan.




Mie lidi ini seringnya diolah menjadi campuran Lontong Medan tapi bisa juga diolah menjadi bermacam masakan lainnya, sebut saja mie Aceh, mie tektek dan salah satunya menjadi Mie Gomak ini. Saya sendiri lebih sering mengolahnya menjadi campuran lontong medan atau digoreng dan dimakan dengan siraman bumbu kacang atau bumbu pecel...hmmm ennakk dehh




Kembali ke Mie Gomak, Mie ini adalah masakan khas dari Medan. Yang membedakan mie ini dari mie lainnya adalah pengunakan Mie lidi sebagai bahan dasarnya. 
Mie Gomak ini ada yang basah dan juga ada yang kering (digoreng). Yang saya buat ini adalah versi yang basah. Mie Gomak basah adalah Mie lidi yang direbus dan disajikan dengan siraman gulai/kuah sayur. Untuk Mie Gomak kering/goreng nanti akan saya posting di entry terpisah. 

Kuah sayur yang dipakai juga sama seperti gulai/kuah sayur untuk lontong sayur. Saya biasa bikin dengan campuran labu siam dan wortel yang dipotong dadu atau dipotong memanjang, bisa juga ditambah tempe, tahu dan buncis, sesuai selera saja dan juga disesuaikan dengan stok sayuran yang ada di rumah saja.




Resep yang dipakai adalah resep yang biasa saya pakai sehari-hari. jadi nya ini resep Mie Gomak ala Wenny deh, hehee.....


Mie Gomak Basah

Bahan :
Mie Lidi secukupnya (1 bungkus jadinya banyak), rebus hingga matang n empuk, tiriskan dan sisihkan.


Kuah Sayur

2 buah Labu siam, potong dadu atau memanjang, sesuai selera saja
3 buah wortel, potong dadu atau memanjang
bisa tambahkan tempe, tahu atau buncis, sesuai selera.
1 buah tomat, potong2
3 lembar Daun salam
6-7 lembar daun jeruk
2 buah serai, geprek
1 lembar daun kunyit

Potongan ayam/daging/tetelan daging/udang untuk kaldu, saya kemarin pake udang.
Minyak untuk menumis
Santan secukupnya, sekental kuah yg kita inginkan. saya memakai santan bubuk

Bumbu halus :

4 - 5 buah cabe merah
10 siung bawang merah
8 siung bawang putih
1 ruas jahe
1 ruas kunyit
2 sdt ketumbar bubuk
3 buah kemiri
Gula dan garam secukupnya.
Andaliman (merica batak) jika ada, kalau tidak ada bisa diganti merica biasa atau bisa juga di skip, saya tidak pakai.
Udang kering, jika memakai udang sebagai kaldunya, jika kaldunya memakai daging/ayam di skip saja.

Pelengkap :

Bawang Goreng untuk taburan.
Kerupuk Merah, jika ada atau kerupuk lainnya.







Caranya :

  • Tumis bumbu halus hingga harum tambahkan potongan tomat, daun salam, daun jeruk daun kunyit dan serai. Tumis sebentar. 
  • Masukkan ayam/daging/udang, masak kembali hingga ayam/daging/udang nya mateng, kalau memakai udang masak hingga berubah warna saja. lalu masukkan sayuran yang sudah dipotong2 terakhir masukkan santan. 
  • Masak hingga sayuran mateng sambil sesekali diaduk2. Tambahkan gula dan garam sesuai selera hingga pas rasanya.

Penyajian :

Tata mie dipiring/mangkuk saji lalu siram dengan kuah sayurnya. Taburi bawang goreng. Tambahkan kerupuk. Mie Gomak siap dinikmati  ^_^


** Jika ingin dimakan dengan lontong juga enak sekali dan double kenyangnya pastinya, hehee.
Bisa juga menambahkan bumbu/kuah kacang kedalamnya....tambah enakknya...

Jadi banyak macam penyajian Mie gomak ini, sesuai dengan selera dan kebiasaan yang membuatnya saja. Tapi bagaimanapun cara memasak, pelengkap dan penyajiannya, sama saja enaknya buat saya. Apalagi kalau tinggal makann....ahhh enakknya ..alhamdulillah...^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar