Sabtu, 21 Maret 2015

Wajik Ketan






Ini cemilan kita hari ini. Sudah lama sekali tidak bikin kue ini, sudah lupa pun kapan terakhir membuatnya.  Sebenarnya sewaktu merendam beras ketan/pulut nya niatnya sih ingin dibuat lupis. Tapi entah kenapa kok inget sama kue ini.
Ya sudah akhirnya berubah haluan deh....dari awalnya mau dibikin lupis jadi bikin wajik. Lumayan menghemat waktu karena lupis lebih ribet membuatnya dibandingkan wajik ini. Bahan-bahan nya pun hampir sama.





Biasanya membuat ini saya tidak pernah pake komposisi bahan, pake filling so good aja, hehee...yang penting beras ketannya di rendam kurleb 2 - 3 jam lalu dikukus hingga mateng n empuk. Lalu dimasak kembali dengan santan yang diberi gula merah n daun pandan hingga santan meresap, gula merah yang dipakai hanya semerah yang kita inginkan, lalu ditambahkan gula pasir semanis yang kita mau juga.
Tapi biar tidak membingungkan bagi yang baru pertama membuatnya, kali ini saya memakai resep yang saya lihat dari NCC jajanan traditional weeks. Silahkan lihat disini




Wajik Beras Ketan
Bahan :

500 gr beras ketan putih
350 ml santan dari 1 butir kelapa
200 gr gula jawa, sisir halus
3 lembar daun pandan
1/2 sdt garam

Gula Pasir, jika ingin lebih manis (optional)
Cara membuat ;

  1. Rendam beras ketan putih selama 1 jam, sy rendam kurleb 2 jam an
  2. Lalu kukus hingga matang, Angkat dan dinginkan.
  3. Masak santan, gula merah, daun pandan dan garam hingga mendidih dan gula larut.
  4. Masukkan beras ketan ke dalam santan, aduk rata hingga santan meresap, tes icip, jika di rasa kurang manis tambahkan gula pasir
  5. Tuang ke loyang uk. 18x18 yang sudah dialasi plastik, tekan-tekan dan padatkan.
  6. Potong setelah wajik dingin.




Happy Baking....^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar